Sunday, June 26, 2011

Perlukah Kita Memakai Moderasi Komentar



Jika bertanya perlukah memakai moderasi komentar jawaban saya adalah "sangat perlu" .
Tapi jika ada yang bilang itu akan membuat pengunjung tidak betah , 
jawabannya adalah " Itu semua tergantung pengunjungnya karena sifat pengunjung kan beda-beda "

Moderasi komentar ini lebih cocoknya untuk blog yang berstatus dofollow namun blog nofollow juga bisa, karena blog yang berstatus dofollow akan lebih rentan terkena spam. Penggunaan moderasi ini jika kita bagi, akan menjadi 2 macam yaitu dengan moderasi manual dan otomatis .

Moderasi manual adalah bagaimana kita memilah sebuah komentar yang masuk dan kita kerjakan sendiri , moderasi ini seperti yang saya pakai saat ini . Moderasi ini selain bisa menghindari spam bisa pula menghindari komentar-komentar yang bersifat negatif seperti penghinaan dan lain-lain.

Moderasi Otomatis adalah biasanya akan muncul sebuah verifikasi kata . Dengan Moderasi ini cukup dapat membantu mengatasi komentar yang berbau spam , namun tidak dengan komentar yang bersifat penghinaan atau yang lainnya .

Nah , jika kita berikpir untuk tidak memakai salah satu moderasi diatas , saya pribadi berpikir itu salah . Disebabkan tanpa adanya moderasi ini, kita sendiri akan kesulitan untuk melacak yang mana spam atau bukan. Beda lagi kalau seandainya kita adalah robot pasti kita dapat dengan mudah melacaknya .

Nah kenapa sih kalau ada komentar spam yang masuk , jawabannya adalah jika suatu blog mempunyai begitu banyak komentar spam dan komentar itu tampil di blog kita maka besar kemungkinan google akan menggangap blog kita adalah blog spam karena begitu banyaknya komentar spam .

Memakai moderasi atau tidak itu semua tergantung pilihan kalian , karena saya cuman sekedar memberi info saja kepada kalian , ya mudah-mudahan artikel saya bisa kalian terima dengan ikhlas di hati kalian , oke sobat sampai sini dulu , terima kasih .

9 comments:

  1. Tapi kalo dengan adanya moderasi pasti akan membuat pengunjung merasa tidak betah,,,

    ReplyDelete
  2. bener juga sih , tapi apakah semua pengunjung merasa tidak betah jika adanya moderasi komentar !

    ReplyDelete
  3. ada yang berpendapat ,lebih baik sedikit komentar yang berbobot dari pada banyak hanya spam menurut kamu gimana mas? thnks

    ReplyDelete
  4. wah bener mas , mending sedikit komentar tapi berbobot daripada banyak komentar daripada spam smua

    ReplyDelete
  5. wah saya gak mengerti sama sekali yg beginian. saya pake Disqus soalnya. thanks nice share..?

    ReplyDelete
  6. makasih gan ilmunya langsung k TKP

    ReplyDelete
  7. gan gua masih bingung dengan moderasi komentar....

    ReplyDelete
  8. Nice info nya gan ..
    Mau nanya blog agan ini pake template apa ya ?????

    ReplyDelete
  9. Kalo gua masih tidak pake, soalnya yg komentar masih sedikit, tapi kalo udah bnyk la blh di coba tu. .

    Cara mengetahui blog kita do atau no follow gmn caranya?

    ReplyDelete


Silakan kirimkan komentar anda entah itu kritik atau saran anda dan mohon maaf jika komentar anda tidak mendapatkan tanggapan karena saya tidak selalu online 24 jam