Saturday, June 25, 2011

Berubahnya Sistem Algoritma Dari Google

algoritma dari google berubahBeberapa waktu yang lalu google melalaui situs resminya mengumumkan bahwa google telah merubah sistem algoritmanya mesin pencari dalam menilai atau memberikan sebuah ranking pada situs yang ada . Perubahan ini adalah perubahan cukup besar yaitu 12% dari keseluruhan total algoritma yang berfokus untuk menurunkan bahkan sampai mendeindeks ( Tak terindeks ) situs-situs yang menurutnya situs sampah . Nah .. situs sampah disini yang saya maksud adalah situs yang berkonten copy paste , konten spam , konten Adult bahkan situs yang menulis artikelnya dengan manual pun bisa kena imbasnya disebabkan adanya perubahan algoritma ini.


Dengan adanya perubahan algoritma ini , situs yang berkualitas , konten menarik untuk dibaca dan authority akan lebih merasakan keuntungan dari perubahan ini . Nah .. saya berpikir mungkin google sudah capek kali ya , melihat situs yang berbau spam atau mirror bisa menempati di posisi atas di SERP.


Dan lucunya lagi udate algo google ini menurut saya pribadi masih kurang akurat disebabkan , website yang berkualitas seperti labnol.org dan lainnya yang kontennya berkualitas pun terkena efek deindex pada sebagian top rangking hasil kata kunci pencariannya. Menurut saya sendiri, algoritma ini sebenarnya masih dalam tahap uji coba meskipun pada situs resminya, Google mengatakan bahwa ini sudah fix bahkan telah dilakukan sejak tanggal 24 Februari yang lalu, tapi hanya di google.com saja, ini berarti mereka masih melakukan beta tester pada sistem algoritma yang baru ini….dan semoga saja memang nanti jauh lebih baik dan benar-benar menguntungkan semua pihak yang benar.





Bagi yang sudah menjadi korban deindex Google, tetap semangat karena selain Google, sebenarnya masih ada mesin pencari lain yaitu Yahoo dan Bing yang masih bisa di andalkan untuk mendapatkan trafik meskipun tidak sebanyak seperti dari Google namun setidaknya masih ada bantuan dari situs social bookmark yang juga bisa kita andalkan.

Mungkin dengan adanya perubahan ini kita bisa memulai untuk membangun situs/blog yang benar-benar berkualitas, konten yang berdasarkan analisa sendiri, tulisan dari diri sendiri dan yang pasti ada manfaat bagi audiens kalian . Mungkin juga akan percuma suatu situs memiliki backlink dalam jumlah besar namun kualitas konten dianggap sampah oleh Google, karena tetap saja tidak pernah dapat jatah rangking bagus di mesin pencari karena sudah dicap situs tidak bermutu. Untuk solusinya kalian bisa membangun kepercayaan dari google dengan menghasilkan konten-konten asli kalian . 
Mungkin jika ada pertanyaan , kritikan atau masukkan silakan masukkan itu di kotak komentar karena saya akan lebih menghargai itu .

5 comments:

  1. mudah2an google bisa mendapatkan rumus algoritma yg benar 2 tepat sehingga tidak memakan korban blog2 yang memang sebenarnya hasil dari ide si penulis sendiri

    ReplyDelete
  2. makin pusing aja nich ane sama algoritma google.

    ReplyDelete


Silakan kirimkan komentar anda entah itu kritik atau saran anda dan mohon maaf jika komentar anda tidak mendapatkan tanggapan karena saya tidak selalu online 24 jam